Cara Memperbaiki Motor Yang Sulit Dinyalakan atau Mogok

Cara Memperbaiki Motor Yang Sulit Dinyalakan atau Mogok

Afrika Setya Budi
Thursday, August 1, 2019


Motor sulit dinyalakan memang membuat kita kesal sekaligus emosi kita memuncak, ngomong-ngomong siapa yang sering mengalaminya cak?

Pada dasarnya motor sulit dinyalakan, mengalami permasalahan diantaranya aki, busi, dan carburator. Tiga komponen ini memang dominan yang mengakibatkan motor sulut dinyalakan sekaligus mogok cak. Tetapi jangan sampai gendong seperti ini ya !

Peralatan yang harus wajib dibawa, diantaranya obeng dan kunci busi. Kedua peralatan ini harus wajib di taruh di bawah jok motor sobat, agar dalam perjalanan jika terjadi kerusakan bisa diatasi sendiri cak.

Ok cak. Cara mengatasi motor sulit dinyalakan kali pertama yang harus sobat cek pada aki. Aki memiliki peran penting dalam motor. Pada saat mesin mati dan mau dihidupkan, dibutuhkan tenaga penggerak awal untuk memutar crankshaft / poros engkol, sehingga piston dapat bergerak naik turun , dan terjadilah pembakaran di dalam ruang bakar, dan mesin pun hidup. Setelah mesin hidup, maka starter dimatikan dengan cara melepas hubungan di saklar starter. Untuk menjalankan system starter khususnya dynamo starter maka dibutuhkan suplai listrik, dan suplai listrik ini diberikan oleh aki. Selain itu aki juga berfungsi sebagai penyimpan listrik dan stabilisator.

Jika aki mengalami karat biasanya motor sulit dinyalakan. Cara mengatasinya ambil obeng, cari letak aki, jika sudah buka kutub aki mengunakan obeng, lepas kutub tegangan negatif (-) dan positif (+) pada aki, lalau gosok dengan obeng panel pada aki baik kutub negatif maupun positi. Oh iya cak, jangan lupa saat mencopot lepas kutub negatif dulu dan saat memasangnya pasang yang positif. Jika sudah hilang karatnya pasang kembali.

Coba nyalakan motor. Jika masih tetap sulit, coba preksa businya cak.bersihkan kepala tutup busi dan pasang lagi. Jika tetap coba lepas busi dengan mengunakan kunci busi. Bersihkan busi dengan kain kering. Biasanya kalau motor sulit dinyalakan, busi akan menghitam. Jika sudah di bersihkan pasang lagi dan coba nyalakan motornya.

Jika kedua tindakan diatas masih tetap sulit menyalakan motor sobat. Biasanya karburator sobat kotor. Jika sobat paham dengan mesin sobat bisa membersihkan sendiri atau dengan cara lain lepas karburator yang terhubung ke filter. Lalau coba strter motor sobat bersamaan tutup crobong yang terhubung dengan filter dengan tangan.

Jika tiga tindakan di atas tetap sia-sia, cari bengkel terdekat dan periksakan kerusakannya cak.