Home Tips Dan Trik

Cara Merawat Motor Matic Injeksi Dengan Benar Dan Tepat Agar Selalu Tetap Prima

Motor ibarat pacar sob, seorang pacar jika kita kasih perhatian lebih akan semakin lengket ke kita, tetapi kalau kita biarkan asal betah aja pasti gak lama tuh, langsung ganti yang memiliki. Tetapi kalau motor juga ada kesamaan, jika motor kalau kita kasih perhatian / kita beri perawatan, pasti akan awet, tetapi kalau kita gunakan aja tanpa kasih perhatian ya mungkin gak lama tuh, ujung-ujungnya masuk bengkel deh.

Merawat motor pada umumnya saja, baik motor matic maupun motor bebek. Namun harus perlu di ketahui untuk motor matic injeksi agak sedikit berbeda ya sob. Wah, beda? Apa ya bedanya?

Ngomongin motor matic, memang saat ini sudah menjadi primadona masyarakat luas karena , desain yang menarik, futuristik dan tentunya tidak ketinggalan juga dalam urusan kecepatan. Malahan lebih laris motor matic daripada motor konvensional.

Dibandingkan dengan jenis motor yang masih menggunakan sistem bahan bakar karburator, motor matic injeksi memang sedikit lebih rumit karena sistem suplai bensinnya diatur oleh komponen elektronika. Jeleknya motor injeksi adalah saat ada kerusakan. Jika motor karburator ada kerusakan pada sistem karburator terbilang mudah di perbaiki, tetapi kalau matic ya harus ganti. Repot kan? Harganya ya lumayan mahal sob.

Oleh karena sebab itu, kita harus merawat dengan baik motor kita agar tidak cepat rusak dan keluar uang banyak sob. Buat sobat yang punya motor matic injeksi, berikut ini adalah cara merawat motor matic injeksi dengan benar dan tepat agar selalu tetap prima.

Jaga Kecepatan

Mengendarai motor matik injeksi tidak di anjurkan terlalu sering memainkan kecepatan laju motor dengan mendadak, naikkan gas secara berlahan begitupula ketika hendak menurunkan kecepatannya.

Hal ini dikarenakan sistim injeksi menggunakan komponen elektronika, jadi semua suplay bahan bakar di atur sepenuhnya oleh sistim injeksi, sesering mungkin komponen di injeksi beroperasi naik turun, otomatis akan cepat panas pada komponen tersebut.

Perhatikan Ketersedian Bahan Bakar

Selalu perhatikan ketersediaan bahan bakar jangan sampai mengalami kekosongan karena akan beresiko macet dan sedikit lebih sulit ketika pertama kali menghidupkan mesinnya. Karena sistem injeksi akan mengkonfigurasi ulang sistem pengapiannya. Biasanya

Ganti Oli Rutin

Pemeriksaan kondisi oli adalah mutlak, jangan sampai kurang atau sudah melebihi masa pemakaian. Periksa oli mesin dan oli transmisi jangan sampai terjadi limit ataupun kering, lakukan pergantian oli secara berkala, gunakan oli terbaik standart motor matic injeksi yang dianjurkan pabrik pembuatnya.

Periksa Aki dan Busi

Memeriksa kondisi Aki dan Busi merupakan hal yang perlu dilakukan, karena motor matic injeksi syarat dengan komponen elektronik dan memerlukan sumber daya listrik yang harus selalu terjaga dengan baik.

Last...

Ok sob, motor memang sudah bukan kebutuhan sekunder lagi bagi manusia, melainkan sudah kebutuhan utama. Oleh karena itu rawat motor sobat sebaik mungkin.

Baca juga :

No comments:

Post a Comment

to Top