Aneh Tapi Nyata, Penyebab Pasaran Honda Vario Terus Melejit !

Aneh Tapi Nyata, Penyebab Pasaran Honda Vario Terus Melejit !

Afrika Setya Budi
Friday, May 3, 2019


Honda Vario jika ditelisik dari sejarahnya sudah sangat lama dipasarkan di Indonesia, yaitu diluncurkan oleh Astra Honda Motor (AHM) padahal tahun 2006. Honda Vario di pasarkan di Indonesia untuk menantang Yamaha, ya pada saat itu pasaran motor metik dikuasai oleh Yamaha Mio dan bertanggung di kelas metik 110 cc.


Setelah kita singgung sedikit mengenai sejarah, mungkin sobat otomotif bertanya kenapa pasaran Vario terus exsis dari waktu ke waktu? Mungkin juga tergolong aneh, didaerah saya, pasaran Honda Vario juga terus setandar. Jika dibandingkan dengan Yamaha Mio, pasaran motor bekas Vario lebih tinggi, kurang lebih untuk Vario tahun 2006 an memiliki harga Rp. 6,5 jutaan, sedangkan Mio dipasarkan dengan harga Rp 3,5 jutaan untuk tahun yang sama. Aneh kan sob? Apa penyebabnya?

Oh iya sob, perlu diketahui bahwa saya bukan orang yang hiper produk Honda ya. Saya menulis ini sesuai dengan opini saya, bukan kok saya seolah-olah memasarkan salah satu brand.

Lanjut sob. Ok langsung saja alasan kenapa motor matic Honda Vario memiliki pasaran yang tetap exsis? Ini beberapa opini dari saya dan ini juga merupakan hasil survei saya kebeberapa orang-orang sob.

1. Langsung saja kita tengok yang pertama, pepatah jawa mengatakan "Rupo nggowo Rego" atau jika di tulis dalam bahasa Indonesia, model selaras dengan harga. Ya, memang betul sob, yang pertama kita lihat dari suatu barang pasti dari bentuk alias model bin desain ( bahasa kerennya) hehehe.



Jika dilirik dari segi desain Honda Vario motor yang seporty dan elegan sob. Pada awal pengenalan Vario di tahun 2006, pertama kali dirilis sudah menggunakan dua head lamp, sedangkan kompetitornya yaitu Mio, memiliki satu buah head lamp. Memang kegunaan sama-sama untuk penerangan, tetapi jika dibandingkan antara head lamp satu dan dua head lamp dua memang lebih bagus dua. Serta body dari Vario ini semakin kedepan, semakin keren sob. Apalagi yang terbaru sudah ada alisnya, wihh jempol pokoke !

2. Memiliki fitur yang tergolong lengkap dan mungkin tidak ada di motor matik yang lain. Seperti adanya smart stand switch,  udah tahu apa belum sob?? Itu lho mesin tak akan menyala jika standar samping belum di angkat. Selain itu juga ada fitur parking brake lock, bahasa jawane cetekan tangan nek ngarep rem iku lho.

Adanya fitur parking brake lock memang sangat berguna, selain digunakan untuk mengunci rem pada saat berhenti, fitur ini bermanfaat jika dalam tanjakan suatu misal motor mogok, langsung saja gunakan rem dan tekan parking brake lock agar motor tidak terus mundur.


Fitur dari si Vario ini semakin kedepan tambah mantulll sob. Bagaimana tidak untuk saat ini sudah menggunakan AGC starter atau mesin tetap halus saat dinyalakan. Ditambah lagi saat ini sudah ada smart key atau keyless, dimana sudah menggunakan remote tanpa anak kunci untuk menghidupkan mesin.

3. Harga pembelian baru yang tergolong cukup ekonomis dibandingkan kompetitornya. Kalau masalah harga ini dari pada bikin pusing sobat mending langsung saja tuh tanya ke dealer masing-masing sob.


4. Irit bahan bakar. Ya memang benar menurut saya Honda Vario sangat irit sob mampu berjalan sejauh 59,5 KM per 1 liter air, etts salah sob, maksud saya per satu liter BBM. Bisa keliling kota dan jalan-jalan tanpa takut boros bensin kalau ini sob.


5. Onderdil Vario yang mudah didapat. Memang benar, soal onderdil dari Vario sendiri sangat mudah didapat sob. Ngak usah bingung cari onderdil kesana-kemari, karena di bengkel AHASS selalu sedia. Gampangkan, mumpung di AHASS sekalian aja servis sob, bergaransi pula. Keren kan!


Wes ngono wae sob. Sudah larut malam saatnya istirahat karena besok rutinitas kerja. Jangan lupa share artikel ini keteman kalian barang kali ada yang bingung masalah pasaran Honda Vario.