AHM Daftarkan Desain Paten Skutik Mesterius, Mungkinkah Honda Elite 125 Yang Akan Dipasarkan Di Indonesia ?

AHM Daftarkan Desain Paten Skutik Mesterius, Mungkinkah Honda Elite 125 Yang Akan Dipasarkan Di Indonesia ?

Afrika Setya Budi
Sunday, May 5, 2019


Wah-wah bikin dag, dig, dug, serr... Lagi-lagi Astra Honda Motor (AHM) memiliki gebrakan baru yang bikin bingung bin penasaran dengan gambar paten misterius yang di daftarkan Honda melalui PDKI (Pangkalan Data Kekayaan Intelektual). 

Gambar paten yang didaftarkan pada tanggal 30 Januari 2019 dan dan mendapatkan approval pada tanggal 26 Maret 2019 ini menyoroti paten lampu LED yang memiliki shape kemiripan dengan Honda Elite 125 yang dipasarkan secara global. Wah-wah sekutik apa ini? Mungkinkah desain Honda Vario terbaru 2019 sob??


Dari gambar paten di atas Headlamp lancip dengan sudut-sudut agresif membuat kita semua penasaran. Apalagi gambar paten ini didaftarkan oleh PT Astra Honda Motor di Indonesia dengan nomer registrasi P00201900885. Tentu saja keberadaan gambar paten Elite 125 sebagai ilustrasi tetap menarik perhatian kita semua. Kenapa AHM harus memilih gambar tersebut bukan yang lain? Mungkinkah ada strategi dari Honda atau bisa disebut hidden agenda dari mematenkan Headlamp LED alias alat pencahayaan untuk kendaraan tersebut?

Apapun itu setelah melalui penyelidikan maka bisa dipastikan bahwa arah gambar paten yang digunakan oleh PT Astra Honda Motor adalah Honda elite 125 atau Honda RX 125. Skutik yang sudah dipasarkan secara global di berbagai belahan dunia tersebut memiliki bentuk yang sangat identik khususnya di bagian headlamp. Terutama tekukan-tekukan headlamp serta posisi dari lampu sein atau winker yang cenderung di bawah nempel di bagian tebeng. Ya, tidak salah lagi sob, ini memang gambar Honda Elite 125 yang sudah tersebar di berbagai belahan dunia. Hampir saja saya salah persepsi sob, entah kenapa saya berfikir bagian atas Headlamp seperti Honda Vario... 😅


Ada satu hal yang aneh menurut saya dari progres penjualan, mungkinkah motor ini akan dipasarkan di tanah air? Kok saya tanya seperti itu kenapa? Karena saya melirik dari desain veleg. Pada umumnya motor matic yang dipasarkan di tanah air menggunakan veleg ring terkecil 12 inci, sedangkan dalam gambar paten Honda Elite 125 menggunakan veleg ring 10 inci. Kalau saja menggunakan 12 inci bisa saja kanibalan menggunakan veleg Honda Scoopy, dan selama ini saya juga belum mendengar kabar adanya projects matic berveleg ring 10 inci. Nah, oleh sebab itu saya sendiri masih ragu Honda akan pasarkan Honda Elite 125 ini di Indonesia, kecuali dengan memodifikasi menggunakan veleg ring 12 inci sob, nah itu baru logis !


Last...
Memang secara garis besar, AHM menjadikan gambar paten Honda Elite 125 ini lebih memfokuskan ke Headlamp atau alat penerangan. Jika memang Honda Elite 125 ini akan di pasarankan di Indonesia, secara produksi pemasaran AHM tidak terlalu sulit. Mengingat mesin yang digunakan identik dengan Honda Beat oleh karena itu memungkinkan jikalau motor ini dipasarkan di tanah air terbilang cukup mudah. Secara Honda Beat memiliki peringkat pasaran yang cukup baik.

Jika mungkin sobat penasaran dengan Honda Elite 125, ini gambar lengkap dari Honda Elite 125 yang sudah dipasarkan di berbagai belahan dunia sob.