Home Tips Dan Trik

Cara Perawatan Aki Motor Agar Awet bin Tahan Lama

Hallo sob, lama ya ngak corat-coret artikel lagi di blog ini, bukan karena sibuk tapi menyibukkan diri sih. Ok kali ini saya akan membagi sedikit pengalaman saya tentang cara perawatan aki motor sobat agar awet bin tahan lama. Semua peralatan disekitar kita agar awet tentu sangat dipengaruhi oleh pemeliharaan pemiliknya ya sob. 

Sebelum kita menginjak tips dan trik perawatan aki motor, kita harus lebih mengenal apa sih aki itu? Akumulator atau yang sering disebut aki adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi dalam bentuk energi kimia. Salah satu contohnya adalah baterai dan kapasitor. Waduh, keinget jaman SMK dulu sob, sesuai jurusan saya yaitu elektronik. 

Daripada kita bicara panjang lebar yang tak ada habisnya langsung saja kita masuk tips dan trik bagaimana sih cara pemeliharaan aki motor kita agar awet? Memang peran aki dalam kendaraan bermotor sangat penting sob, apalagi jika motor kita motor matic. Harus rajin-rajin tu periksa akinya. Ok langsung saja sob. 

  1. Untuk saat ini kebanyakan menggunakan aki kering pada kendaraan bermotor kita, supaya aki kering motor bisa tahan lama atau awet maka gunakanlah kendaraan sobat sesering mungkin. Agar sistem pengisian listrik tetap terjadi dan akan menghasilkan penyuplaian listrik yang stabil. Jika memang motor tidak digunakan, maka minimal panaskan mesin dengan waktu 2 hingga 5 menit perhari.
  2. Tetap gunakan elektrik starter setiap hari. Kecuali saat memanaskan mesin dipagi hari yang direkomendasikan menggunakan kick starter untuk membantu oli agar terpompa lebih cepat melumasi seluruh komponen dalam mesin motor. Apabila sekali starter mesin tidak mau hidup maka jangan coba ditekan secara terus-menerus saklar starter. Beri jeda waktu sampai sekitar 5 detik, baru kemudian ditekan kembali agar memungkinkan daya aki dapat kembali stabil terlebih dahulu.
  3.  Hindari lubang atau jalan rusak yang menyebabkan goncangan berlebihan pada kendaraan anda. Sebab karena hal tersebut akan cepat merusak sel-sel yang berada di dalam komponen aki ini jika terlalu sering mendapatkan guncangan yang berlebihan. Tiga tips ini adalah yang paling pakem harus di mengerti para pengguna kendaraan bermotor, tetapi tidak hanya tiga itu lo sob. Langsung saja kita lanjutkan.
  4.  Selalu cek kabel terminal aki dan usahakan agar selalu bersih dan tertutup rapat. Sebab jika terlalu lembab maka dikhawatirkan akan terjadi konsleting aliran listrik.
  5. Pastikan komponen kiprok kendaraan masih berfungsi dengan baik karena komponen ini merupakan komponen yang termasuk vital dalam proses penyuplaian listrik ke semua bagian kendaraa.
  6. Jika daya listrik sudah melemah maka lakukan isi ulang atau charging seperlunya. Untuk aki kering ini dapat menggunakan alat khusus yang memiliki daya yang kecil dan stabil yaitu sebesar 0,5 ampere. Untuk membuat daya listrik aki kembali penuh dibutuhkan waktu 5 hingga 8 jam tergantung dengan besaran daya aki.

Itu tadi adalah cara dari saya agar aki motor sobat awet dan tahan lama. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya sob, sekian dulu dari saya. Jika tulisan ini berguna share ke teman-teman sobat agar saling mengerti tentang pemeliharaan aki motor kita.

Baca juga :

No comments:

Post a Comment

to Top