Yamaha Niken GT Versi Touring Telah Melantai di EICMA 2018

Yamaha Niken GT Versi Touring Telah Melantai di EICMA 2018

Afrika Setya Budi
Thursday, November 8, 2018



Pekan lalau Yamaha Niken versi standart telah di pamerkan di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2018, dan sempat menjadi trending topik bersama dengan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memperkenalkan motor barunya, yaitu Yamaha FreeGo. Dalam beberapa waktu lalu Yamaha juga sempat dikabarkan telah mendaftarkan motor baru dengan kode MXT9GTKL. Diprediksi, kode tersebut merupakan versi touring dari motor roda tiga mereka, yaitu Yamaha Niken GT.


Pada konferesi pers menjelang gelaran EICMA 2018 di Milan, Italia, pabrikan asal Jepang tersebut mengumumkan wujud Yamaha Niken GT. Motor gede (moge) roda 3 itu kini dilengkapi dengan berbagai aksesoris khas motor touring. Apa saja kelebihannya dari pada versi standart sob?
Kita berawal dari sektor depan, Yamaha Niken telah mengandalkan teknologi suspensi depan Leaning Multi-Wheel (LMW). Suspensi ini di rancang untuk kenyamanan berkendara tetap setabil meski di jalan yang miring. Selain itu, terdapat windshield yang lebih besar, heaterd grip yang menahan terpaan angin dan pengamanan berkendara. Sayangnya, moge ini tidak dilengkapi dengan hand-guard sebagai perlengkapan standar, namun dijual secara terpisah.
Bergeser ke tengah, jok Yamaha Niken GT dibuat lebih nyaman dibanding versi standarnya. Moge itu kini juga memiliki standar tengah dan power-socket. Sementara bagian belakangnya dilengkapi dengan sepasang box samping dan behel baru. Untuk tempat barang bawaan sobat yang lebih aman.
Berbeda dari varian standar, Yamaha Niken GT dilabur warna Matte Phantom Blue dan suspensi upside-down dual-tube emas. Ditawarkan pula varian warna Granite Grey dengan suspensi depan berkelir hitam.
Fitur yang disematkan pada Yamaha Niken GT pun bertambah, seperti traction-control, quick-shifter, assist and slipper clutch, riding-mode, cruise control, dan rem ABS. Moge roda 3 tersebut kini juga dibekali dengan suspensi belakang fully-adjustable. Wah joss tenan sob, ini motor fitur sangat lengkap, sangat pas buat para pecinta motor touring.
Sementara itu, tak ada perubahan pada dapur.pacunya. Yamaha Niken GT tetap mendapat suplai tenaga sebesar 113,4 hp dengan torsi.mencapai 87,5 Nm. Performa tersebut dihasilkan oleh mesin 3-silinder inline DOHC liquid-cooled berkapasitas 847 cc.
Yamaha Niken GT akan melakoni debutnya kemarin 6 November 2018 dalam pameran motor tahunan EICMA 2018 di Milan, Italia. Untuk harganya, diprediksi, motor tersebut akan dijual di Amerika Serikat dengan harga USD17.299 atau sekitar Rp257 jutaan mulai Maret 2019 mendatang (Kurs USD1 = Rp 14.872). Harga yang cukup standart untuk kalangan motor bermesin 847 cc sob.