Yamaha FreeGo, Motor Matic Terbaru Dari Yamaha Dengan Segudang Fitur

Yamaha FreeGo, Motor Matic Terbaru Dari Yamaha Dengan Segudang Fitur

Afrika Setya Budi
Thursday, November 1, 2018

Gebrakan baru dari Yamaha di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 terbilang sangat keren sob. PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia (YIMM) kali ini memperkenalkan motor matic terbarunya. Uniknya sekutik keluaran kali ini saat perencanaan dari projectnya belum tercium oleh publik otomotif sama sekali. Ya PT YIMM secara resmi memperkenalkan sekutik terbarunya yaitu Yamaha FreeGo. Lalu apa saja yang di usung dari sekutik ini, mari kita bahas sob.

Peluncuran yang digelar di ajang Indonesia Motorcyle Show (IMoS) 2018 di JCC, Senayan, Jakarta, pada hari Rabu 31 Oktober 2018, Yamaha FreeGo merupakan skuter matik dengan mengusung kubikasi mesin 125 cc. Pihak Yamaha sendiri memberikan sebuah tagline yang menarik untuk Yamaha FreeGo 125, yaitu ‘The Amazing Matic’. Tentunya ada alasan di belakan pemilihan tagline ini, apa sih amazing-nya sob? Ya, pihak Yamaha memberikan highlight pada beberapa bagian. Contohnya, kapasitas bagasi yang mencapai 25 liter yang bahkan mempercundangi sang kakak, Yamaha N-Max, ban tubeless, teknologi Blue Core khas Yamaha, speedometer digital, lampu LED, lampu Hazard, Smart Motor Generator, dan juga adanya electric power socket. Sekutik terbaru dari Yamaha ini terbilang menggunakan fitur yang sangat kompleks sob.

Oke sob, langsung saja kita bahas terlebih dahulu untuk desainnya. Menurut saya, dari segi bentuk, Yamaha FreeGo 125 bisa dikatakan sebagai next level dari skutik-skutik Yamaha. Jika diperhatikan seksama, aura dari keluarga Maxi masih ada di motor ini, namun dibuat lebih mode dan lebih ‘berisi’.

Untuk sektor bodi depan, lampu depan dari Yamaha FreeGo 125 ini diletakkan di tameng depannya, khas motor jaman now, dengan bentuk yang simpel dan terasa timeless, ya menurut saya ada kemiripan dengan lampu Honda CBR 250R Thailand. Sedangkan lampu sei diposisikan terpisah, bak jajaran Maxi Yamaha lainya. Sangat di sayangkan, batok dari Yamaha FreeGo 125 agak besar, kurang senada dengan tren jaman now yang mana pada umumnya batok di stang makin kecil. Sedangkan bagian bok dalam, terlihat menyambung dari tameng depan dan turun ke bawah, hingga ke samping dek.

Next, pada bagian kaki Yamaha FreeGo 125 ini terlihat cukup gambot untuk ukurannya. Menggunakan ban tubeless dengan profil 100/90 sisi depan dengan rem cakram, dan 110/90 di sisi belakang dengan rem drum membuat suatu nilai plus skutik ini terasa kekar kaki-kakinya. Selain itu juga ada versi yang telah dilengkapi dengan sistem pengereman Antilock Brake System (ABS). Yamaha FreeGo 125 menggunakan satu buah suspensi saja di sisi kiri layaknya skutik pada umumnya, dan spakboard belakagnya terasa terlalu panjang menurut saya.

Untuk sektor dapur pacunya, Yamaha FreeGo 125 mengandalkan mesin 125cc dengan teknologi Blue Core dan Singel Cylinder dengan sistem intake baru dan Smart Motor Generator (SMG). Dimensi mesinnya mengunakan detail bore x stroke adalah 52,4x57,9 mm. Menggunakan kompresi 9,5 banding 1, Yamaha FreeGo 125 mampu menghasilkan tenaga maksimal 7 kW pada 8.000 rpm dan torsi maksimal 9,5 Nm pada 5.50 rpm. Nah, di bagian ini sob terlihat jelas perbedaan sasaran pasar dari Yamaha FreeGo 125 dengan Yamaha Lexi 125 yang sudah mengguna teknologi VVA.

Yamaha FreeGo memiliki ukuran bagasi 25 liter, sehingga pengendara mampu menyimpan beragam barang-barang bawaan. Untuk pengisian bahan bakar seperti pada sekuter maxi lainya, motor terbaru ini punya lubang tangki pengisian di bagian depan, pengendara pun tak perlu repot-repot membuka jok.

Selain itu, yang paling jos gandos motor ini juga terdapat electric power socket, Smart Key System (SKS), sistem kunci tanpa anak kunci atau disebut Keyless, Immobilizer, dan Answer Back System. Gimana sob keren kan, pokoknya jaman now banget deh. 

Untuk tampilan speedometer sendiri, sudah full digital dengan tampilan dan informasi yang komunikatif. Untuk tampilannya sendiri seperti ini sob.

Untuk harganya jika di timbang dari fitur yang dibawanya pasti lumayan mahal ya sob, tetapi jangan salah sangka. Yamaha FreeGo 125 sendiri akan ditawarkan dengan 4 macam pilihan warna, yaitu Matte Black Metallic Red, Metallic Blue, dan Metallic White. Sedangkan untuk varian ada 3 macam, yaitu Yamaha FreeGo 125 Standar seharga 18,5 juta, lalu Yamaha FreeGo 125 S Version seharga 19,7 juta, dan terakhir Yamaha FreeGo 125 S-AB yang mendapat pengereman ABS, dengan bander 22,5 juta Rupiah. Cukup ekonomis bukan?

Pihak Yamaha menyebut bahwa harga–harga ini adalah harga perkenalan, dan bisa saja nantinya harga akan berubah pasca masa perkenalan usai. Jadi, bagaimana menurut sobat otomotif dari sosok Yamaha FreeGo 125 ini? Nampaknya Yamaha ingin lebih serius lagi untuk bangkit dan menggarap pasar skutik mereka.