Cara Berkendara Motor Pada Jalanan Macet Pada Musim Liburan

Cara Berkendara Motor Pada Jalanan Macet Pada Musim Liburan

Afrika Setya Budi
Wednesday, November 21, 2018

Sebentar lagi kita memasuki bulan penghujung tahun 2018 ya sob, menurut saya bulan Desember, dimana bulan yang penuh liburan panjang. Bagaiman tidak ada libur hari raya Natal di tambah tahun baru. Apalagi para pelajar menginjak libur panjang semester satu.

Ngomongin liburan pasti mengarah pada jalan-jalan bersama keluarga atau pasangan ya sob. Tetapi jangan kaget kalau kemacetan ada dimana-mana. Ya wajarlah hari liburan sob, apalagi malam tahun baru dan tepat libur tahun baru. Wes gak karuhan sob macetnya. Oleh karena itu kalai ini saya akan share tips dan trik berkendara motor di jalan yang macet. Jangan asal ngegas ya sob.

1. Selalu awas dengan memperhatikan kaca spion.

Saat berkendara peran kaca spion memang sangat diperlukan apa lagi pada jalanan yang macet. Jalanan yang macet terkadang memaksamu untuk cari celah agar bisa lolos dari padatnya kendaraan. Itu hal yang wajar sih, tapi kalau sobat melakukannya dengan gegabah bisa jadi sobat bakal celaka atau cedera.

Usahakan selalu awas alias perhatikan sekeliling dengan mengawasi blind spot terutama di daerah belakangmu melalui kaca spion. Supaya saat mau mendahului atau bergerak mencari celah jalan gak bertabrakan dengan kendaraan di belakang.

Namun, sobat juga gak boleh terlalu fokus di kaca spion. Bagi perhatianmu dengan mengawasi blind spot atau jalanan di depanmu juga agar gak terjadi kecelakaan kalau tiba-tiba kendaraan seperti mobil di depan mengerem mendadak atau ada motor lain yang tiba-tiba muncul. Bisa berabe kalau motor kita mencium kendaraan yang ada didepan.

2. Jangan lupa selalu sigap antara tangan dan kaki di tuas rem.

Kemacetan memaksakan para berkendara bermanuver untuk mencari celah yang bisa dilalui dengan cepat. Kebiasaan para pengendara tidak memikirkan pengendara di sekitarnya, yang penting bisa menerobos kemacetan.

Nah, trik satu ini juga gak boleh dilupakan saat berkendara di jalanan padat alias macet. Pasalnya, saat macet sobat terkadang diwajibkan bereaksi dengan ekstra cepat baik saat menekan tuas rem atau bahkan pedal rem belakang.

Untuk itu, siagakan selalu beberapa jari dan kakimu di tuas rem. Setidaknya taruh satu atau dua jari di tuas rem dan ibu jari sebelah kanan di pedal rem belakang. Jadi, saat ada pengendara lain yang bermanuver kamu pun sudah siap.

3. Perhatikan pula masalah persneling saat berkendara di jalan macet.

Dalam kondisi macet, sebaiknya berkendaralah dengan gigi rendah agar motor kamu siap untuk berakselerasi jika diinginkan. Dengan melakukan langkah tersebut, sobat memiliki kesempatan untuk menggunakan rem cukup sering.

Putaran mesin yang tinggi juga bisa mempermudah motor kita berakselerasi. Namun jangan menggunakan suara knalpot untuk mengusir pengendara lain ya!

4. Jangan pernah lengah di jalan macet terutama saat belokan.

Langkah ini penting banget buat kamu yang sedang melewati jalan belokan tapi keadaannya lagi macet. Pasalnya, kalau kamu lengah pas lewat jalan ini niscaya kamu bakal celaka.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk menghidupkan lampu utama saat kamu berkendara di siang hari atau bahkan terlebih waktu di malam hari.

Perhatikan ban mobil tersebut atau tangan dari pengendara yang berada di kolom kemudi. Jika kamu melihat pergerakan, maka wajib hukumnya siap untuk mengerem atau bahkan berakselerasi menghindar.

5. Selalu Siagakan Ibu jarimu, agar siap sewaktu-waktu saat bermanuver.

Saat berkendara di jalanan padat, biasakan untuk mengaktifkan ibu jarimu. Gunanya untuk menekan switch sen saat ingin bermanuver atau bahkan membelok.

Lampu yang berkedip bisa menjadi sinyal yang akan langsung dipahami oleh pengendara lain di depan dan belakangmu. Jadi jangan lupa kasih lampu sen ya saat akan bermanuver di celah-celah mobil biar gak celaka!

Gimana sob, sudah jelas belum trik dari saya sendiri ? Segera praktikan deh, dijamin kamu bakal aman selama berkendara di jalanan macet. Dan tentunya jangan lupa KEEP SAFETY READING ingat keluarga menanti mu di rumah.