Suzuki Pamerkan Dua Motor Bermesin 1000 cc Pada Ajang Intermot 2018

Suzuki Pamerkan Dua Motor Bermesin 1000 cc Pada Ajang Intermot 2018

Afrika Setya Budi
Wednesday, October 3, 2018

Sobat otomotif jika sedang jalan-jalan di Jerman mampir aja tu kota Cologne Jerman, karena ada iven ajang pameran Intermot 2018 yang berlangsung dari tanggal 3 - 7 Oktober 2018 mendatang. Pameran kali ini khusus roda dua sob alias motor, memang dari dulu pameran Intermot ada untuk roda empat dan lainya? Ngak kan! Hehehe.

Pameran Intermot 2018 ini memperlihatkan produk-produk terbaru dari produsen roda dua di seluruh dunia sob. Pasti disini produk-produk otomotif motot terbaru diseluruh tumplek bleg saling adu kompetisi masing-masing.

Oh iya sob, ngomongin pameran otomotif motor kali ini Suzuki yang langsung tancap gas memperkenalkan dua produk andalannya. Keduanya bergenre motor gede alias moge sob. Coba tebak apa saja?

Pertama adalah Katana, sepeda motor ini merupakan andalan dari Suzuki yang sangat legendaris, pada generasi sebelumnya pernah hadir di tahun 1981 dan diperlihatkan sebagian konsep Katana 3.0 pada ajang EICMA 2017.

Katana hadir dengan desain modern dengan penggunaan LED pada headlamp dan day time running light yang mempertajam wajah motor ini. Di bagian belakang terdapat stop lamp LED dengan gantungan plat nomor terpisah di bagian bawah memeluk roda belakang sebagai spatbor.

Motor dengan tinggi tempat duduk 825 mm ini menawarkan posisi berkendara semi touring yang cukup nyaman. Jadi buat sobat yang tingginya 170 sangat nyaman pada saat riding. Moge ini memiliki tampilan retro hadir dari huruf Suzuki di bagian tangki namun diikuti dengan garis desain yang agresif termasuk di bagian fairing.

Motor yang didesain oleh Rudolfo Frascoli dan dibangun oleh Engines Engineering ini dibuat dari frame yang sama dengan GSX-S1000 dan dengan bobot seringan GSX-R1000. Suspensi depan menggunakan upside down 43 mm yang dapat diatur juga dengan suspensi belakang dari KYB.

Rem monoblok di depan menggunakan cakram berukuran 310 mm dari Brembo, sama seperti yang digunakan pada GSX-R1000. Fitur ABS disediakan oleh Bosch.

Moge ini membawa mesin empat silinder 999 cc milik GSX-R1000 K5 dengan sedikit settingan dari Suzuki untuk penggunaan di jalan raya. Hasilnya, mesin ini mengeluarkan tenaga hingga 150 tk pada putaran 10.000 rpm dan torsi 108 Nm pada putaran 9.500 rpm.

Keunggulan lain dari Suzuki Katana terdapat tiga mode kontrol traksi yang diberikan tergantung dengan kondisi jalan dan cuaca. Sistem ini dapat mengatur dan mendeteksi putaran roda untuk mencegah tenaga yang berlebihan sehingga membuat pengendaraan semakin nyaman.

Pemilihan mode ini dapat dilakukan melalui dashboard dengan layar LCD yang berisi aneka informasi seperti takometer, odometer, trip, posisi gigi, temperatur, bensin, konsumsi bensin rata-rata, lap time, dan kondisi voltase baterai.

Untuk motor yang kedua, bukan menampilkan produk baru melainkan pembaruan pada motor sportnya kelas 1000 cc. Suzuki GSX-R1000 model 2019 membawa pembaharuan yang tentu tak kalah menarik dari Katana. Motor sport ini menggunakan swingarm yang dapat di atur untuk kebutuhan balap serta kabel rem yang terbuat dari stainless.

Teknologi penggantian transmisi bi-directional quickshifter dan auto blipper sekarang menjadi standar di model 2019. Teknologi ini memudahkan pengendara mengganti transmisi baik saat gigi naik maupun turun.

Jika sobat berminat untuk meminang diantara dua produk Suzuki ini pastinya harus bersabar karena Katana dan GSX-R1000 ini akan hadir di pasaran musim semi tahun depan.