Motor Listrik China Evoke, Hanya Butuh Waktu 5 Menit Dalam Pengisian Daya

Motor Listrik China Evoke, Hanya Butuh Waktu 5 Menit Dalam Pengisian Daya

Afrika Setya Budi
Saturday, October 27, 2018

Perubahan bahan bakar kendaraan bermotor dari minyak bumi ke listrik semakin positif. Salah satu pabrikan motor listrik dari China, Evoke Motorcycle rupanya akan unjuk gigi dalam gelaran EICMA 2018 di Milan, Italia pada November mendatang. Tentunya, mereka akan memboyong motor listrik baru ke ajang tahunan tersebut dan bersaing dengan berbagai pabrikan Eropa, Amerika, serta Asia lainnya.

Hal yang paling menarik dari motor ini adalah teknologi charging yang lebih cepat dari pada smartphone sobat. Ya motor listrik bernama Evoke Project Kruzer ini dapat mengisi daya dari 0 sampai 80% hanya dalam waktu 15 menit. Selain teknologi charging yang hanya memakan waktu 15 menit, desain yang ditawarkan pun cukup menarik dengan mengusung genre motor cruiser.

Memang motor ini tebilang buka motor baru di China, sebelumnya Evoke Motorcycles telah memasarkan 2 model, yakni Urban Classic dan Urban S. Jika pada seri sebelumnya, kedu motor ini membutuhkan waktu 4 jam untuk mengisi daya baterai dari 0 sampai 80% dengan listrik 220V. Yang terbilng kurang efisien waktu yo sob, jika kita tergesa-gesa kurang pas untuk penggunanya.

Bahkan, waktu pengisian tersebut bisa lebih lama, mencapai 8 jam, jika dilakukan di rumah dengan listrik berdaya 110V. Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan uji coba pada pengecashan baterai hingga penggunaan batrai. Penemuan baterai baru pada Project Kruzer ini mampu menjadi kunci masa depan motor listrik.

Evoke Project Kruzer mengandalkan baterai 18.650 Li-ion dengan beberapa teknologi yang dapat mempercepat waktu pengisiannya. Selain itu, wadahnya dibuat lebih baik sehingga tidak cepat panas dan rusak.