Home News \ Yamaha

Kumpas Tuntas Yamaha MT-15, Menggunakan Mesin Yamaha R15 V3 Dengan Assist & Slipper Clutch

Yamaha akhirnya perkenalkan All New Yamaha MT-15 di Thailand pada sabtu kemarin. Sebelumnya motor naked bike ini beberapa kali terpergok di jalanan. Yang spesial dari peluncurannya ini adalah disaksikan langsung Valentino Rossi rangkaian MotoGp yang berlangsung di Sirkuit Buriram.

Tak hanya tampilan yang berbeda, nakend bike yang gahar ini meninggalkan nama M-Slaz atau Xabre jika di Indonesia, MT-15 memang memiliki tampilan yang berbeda dengan M-Slaz. Yang paling membedakan dari M-Slaz, pada desain lampu depan MT-15 terlihat gahar yang terbagi dua, sisi kanan dan kiri, serta satu lampu di bawah sisi tengah. Desain lampu ini menurut saya yang membuat ini terkesan sangat istimewa sob.

Lampu LED yang diberi nama 'Kumadori' ini, menampilkan ketajaman MT-15. Lampu sein juga menggunakan desain tabung tradisional, pada bagian depan dan belakang. Dengan desain lampu sein tabung tersebut MT-15 terlihat perpaduan semi retro dan moderen. Secara keseluruhan, MT-15 ini akan mengingatkan pada generasi keluarga MT yang lebih tua, MT-09.

Tangki MT-15 dirancang seperti tabung udara, yang sangat identik dengan keluarga Yamaha MT. Tangki yang sebelumnya menggunakan baja di bagian dalamnya ini, diganti dengan penutup baru agar terlihat lebih berisi.

Dudukan MT-15 pun dirancang seperti MT-09. Bagian ini semakin membuat MT-15 terlhat terinspirasi dari MT-09 selain pada bagian lampu depan yang terlihat angker dengan dua bagian kanan dan kiri, dan tambahan lampu bawah tengah.

Di bagian belakang akan terlihat adanya lampu ekor LED yang masih menggunakan warna aslinya. MT-15 juga menggunakan satu set roda baru 17-inci dengan sudut engkol yang lebih rendah dari motor aslinya.

Suspensi Yamaha Xabre pada seri sebelumnya terkenal sangat nyaman. Yamaha masih mempertahankan sistem suspensinya yang masih berbasis M-Slaz saat ini. Baik suspensi depan yang menggunakan sepasang chopstick. Bagian belakang menggunakan monaural shock absorber.

Pada sistem pengereman bagian depan berkaliper 2-port dengan rem cakram 267mm dan ABS. Sedangkan rem belakang menggunakan kaliper 1-port dengan rem cakram 240mm dan ABS.

Dari pendahulunya, keluarga Yamaha MT terkenal dengan torsi yang melimpah. MT-15 sendiri menggunakan mesin yang sama dengan all new R15 alias R15 V3.

Mesin berkapasitas 155 cc 1-piston 4-katup ini akan meledakkan power 19 Tk pada 8.900 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 7.000 rpm. Mesin injeksi MT-15 dilengkapi juga dengan sistem intelligent nozzle. Mesin berpendingin air ini penting untuk menstimulasi adrenalin para bikers.

Tak hanya itu, MT-15 juga dibekali girboks 6-percepatand dan dilengkapi assist & slipper clutch dengan suspensi gold-front upside-down, serta swing arm ringan dari aluminium. dengan adanya assist & slipper clutch ini, rasa tunggangan MT-15 akan semakin mulus, apalagi saat memindahkan gigi.

Untuk masalah harga dari nakend bike Yamaha yang sangat garang ini, pihak Yamaha Thailand belum mengumumkannya.

Baca juga :

No comments:

Post a Comment

to Top