Home Tips Dan Trik

Tips Sehat Berkendara Motor Setiap Hari

Saat ini motor adalah alat transportasi utama semua orang. Bahkan banyak pekerjaan nyang menggunakan motor dalam bekerjanya, antara lain tukang ojek, marketing, tukang sayur keliling, depcolector, dll. Oh iya cak, perlu diketahui berkendara dalam jangka panjang ternyata berpengaruh bagi kesehatan kita, diantaranya paru-paru basah, sesak nafas, kencing batu, dll. 

Bagaimana cara mengatasi hal tersebut.  Bagi pekerja yang cenderung mengunkan motor harus memperhatikan tips ini. Karena kesehatan harganya mahal, kita harus selalu berhati-hati dalam semua hal diantaranya saat berkendara. 

Pengalaman saya, dulu sebelum bekerjaa sebagai kuli bangunan adalah seorang pekerja lapangan di koprasi simpan pinjam. Sedikit cerita, saya memang belum lama sebagai pekerja marketing kurang lebih 3.5 tahun. Memang fisik saya tergolong masih muda cak, jadi masih kuat-kuatnya bekerja. Setiap hari jarak tempuh rumah saya ke Kantor kurang lebih 65 KM, dan ketika berkeliling setiah hari kurang lebih 150 KM, jadi misalkan di total perhari ;

Rumah-kantor (PP) = 65 x 2 = 130 KM
Berkeliling lapangan = 150 KM
Total 130 + 150 = 280 KM

Dengan total jarak tempuh tiap hari 280 KM, setelah bekerja selama 1 tahun saya meraskan dada sakit teramat luar biasa ketika bangun tidur. Setelah saya cari informasi sesama teman kerja juga banyak yang merasakan hal tersebut. Oleh karena itu, kali ini saya akan bagikan tips sehat berkendara agar terhindar dari bahaya penyakit. 

Saya sebagai marketing lapangan tahun 2014

Tips sehat berkendara


1. Gunakan perlengkapan berkendara yang memenuhi standar.

Perlengkapan berkendara diantaranya helem dan jaket sangat perlu digunakan. Hal ini bertujuan meminimalisir tingkat cidera saat terjadi kecelakaan. Memang kecelakaan dijalan bukan harapan kita, tetapi siapa yang mengetahui tentang takdir kita alangkah baiknya "sedia payung sebelum hujan". 

2. Gunakan pelindung dada

Selain kelengkapan berkendara, gunakan pelindung dada diantaranya dek, tas, atau juga bisa gunakan potongan kardus cak. Hal ini tertujuan melindungi dada kita dari terjangan angin yang teramat kencang, apalagi kalau pengendara mengeber motornya dengan kecepatan diatas 60 KM/jam, wajib gunakan dek sebagai pelindung dada. 

Didalam dada kita terdapat banyak organ-organ tubuh yang sangat vital, dalam lama kelamaan karena terjangan angin kenjang mengenai dada, hal ini bisa menyebabkan sesak nafas yang di sertai sakit dikala pagi hari. Saya sendiri yang pernah merasakan oleh karena itu, cukup dengan saya saja yang merasakan jangan sampai bikers lain merasakannya. 

3. Gunakan masker hidung

Peran masker sangat berguna, dijalan banyak debu-debu dan asap kendaraan lainya. Apalagi ketika bus atau truk mendahului kita cak, ngak cuma debu tetapi asapnya itu lo menghalangi pandangan kita. Coba bayangkan cak, jika asap kendaraan lain terus masuk kehidung kita, berapa ratus penyakit yang masuk ketubuh kita. 

Selain menyaring udara ternyata masker juga bisa memutihkan wajah kita cak. Ketika siang hari terik matahari yang sangat panas jika kita mengunakan kaca helem yang bening, pastinya sinar matahari langsung kemuka kita, ditambah lagi debu dan asap kendaraan lain yang nempel pada wajah kita tentunya bisa langsung merubah wajah kita yang semula putih bersih menjadi kusap dan hitam. Sebagai merketing tentunya penampilan juga harus di jaga, apalagi kalau yang masih dagangan (belum menikah) wajib di jaga tuh. 

4. Pilihlah makanan yang sehat

Hindari makan yang berminyak dan pedas cak, karena cuaca siang hari yang exstrim tentunya rasa haus selalu mengembara, apalagi tuh makan berminyak dan pedas pasti rasa haus tak terobati. Selain rasa haus, perut juga bisa bermasalah cak. Dijalan banyak kita temui lubang dan rem mendadak. Jika kita banyak masuk lubang dan menekan rem mendadak rasa perut kita seperti di kocok cak. Bayangkan jika bikers semua makan pedas pasti sering mampir POM Bensin tuh, bukan niat mau mengisi bahan bakar ya, tetapi mau nitip kamar mandi buat buang hajat cak...

5. Jangan menahan rasa ingin buang air kecil. 

Para bikers pasti sering mengalami hal ini, apalagi ketika terburu saat berkendara pasti rasa ingin buang air kecil ditahan deh. Perilaku ini dalam waktu berkepanjangan ternyata bisa menjadi penyebab penyakit kencing batu cak. Karena sirkulasi produksi air kencing kita terhambat, lebih jelasnya saya serahkan ke bpak dan ibu dokter deh kalau masalah ginian.

Itu tadi tips dan trik berkendara ala Afrika Setya Budi semoga bisa bermanfaat cak. Selain hal-hal di atas tentunya dalam berkendara sangat diperlukan hati-hati dan selalu waspada, dan jangan lupa berdoa cak. Yo wis cak ngene wae, terimakasih jangan lupa tinggalkan komentarnya di kolom komentar cak.


Baca juga :

No comments:

Post a Comment

to Top