Home Tips Dan Trik

Lakukan Hal Ini Saat Pengereman Darurat!

Tergelincir Saat Jalan Licin

Rem jadi perangkat paling penting di motor untuk menghentikan atau mengurangi laju kendaraan. Pada motor bertransmisi manual dan semi otomatis, selain melalui rem dari kedua roda, pengereman bisa dibantu oleh mekanisme engine brake, dengan cara menurunkan gigi ke posisi rendah. 

Sedangkan pada motor bertipe transmisi otomatis yang kini banyak diaplikasi motor jenis skutik, pengereman hanya bertumpu pada kedua roda. Dalam keadaan darurat, pergereman motor manual lebih diuntungkan karena adanya engine brake, sementara motor matik cuma mengandalkan pengereman di dua rodanya.Jadinya pengguna motor matik harus tahu, teknik mengerem motor matic saat kondisi darurat.

Bagaimana Tata Cara Pengereman Darurat?

Jika kurangnya pengetahuan mengenai pengereman pada motor matic sangat bahaya cak. Bisa hal terburuk terjadi, salah satu contoh pada saya sendiri di bulan juni kemarin.

Motor Kesayangan


Pengeriman darurat seperti pada saat melewati jalanan yang basah atau menghindari insiden kecelakaan misalnya. Saat darurat, yang utama adalah dengan memainkan atau mengocok rem, dan hindari menarik tuas rem terlalu dalam karena malah membuat ban bisa terkunci dan tergelincir.

memainkan atau mengocok rem


Lalu selanjutnya adalah, utamakan penggunaan rem depan dahulu baru diikuti rem belakang, agar proses pengereman seimbang. lakukan pengereman secara perlahan agar rem anda tidak mengalami lock.

Yang terakhir, pastikan motor dalam posisi lurus saat ingin mengerem. Posisi berkendara anda juga sebagai penentu utama keberhasilan pengereman darurat anda. Karena kalau dalam kondisi lain seperti menikung, malah bisa membuat motor tergelincir.

Selain itu perlu kita ketahui bahwa motor metic memiliki tumpuan pengeriman di rem depan dan kebanyakan motor metik hanya memiliki piston disk break tunggal.

Disk Brake Honda Beat FI

Jika motor dalam perjalanan turunan yang sangat jauh kurang lebih 7 KM bisa-bisa rem matic blog atau nyeplos cak. Seperti yang saya alami kemarin. Itu di akibatkan karena kampas rem terlalu kepanasan alhasil kampas rem akan memuai dan rem anda menjadi blong.

Cara menanggulangi hal tersebut usahakan motor metic anda setiap kurang lebih 2 KM berhenti dan siram air pada rem disk brake anda. Agar kampas rem anda kembali seperti semula. Jika tidak sangat berbahaya cak, amit-amit jangan sampai terjadi lagi kecelakaan seperti saya pada siapapun.

Untuk lebih aman, gukan perlengkapan berkendara terutama helm dan jaket cak supaya aman. Sekian dulu dari saya semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi bikers semua cak, jangan lupa tinggalkan komentarnya dibawah cak.

Baca juga :

No comments:

Post a Comment

to Top