Kenapa Oli Motor Bisa Berkurang Ataupun Habis, Ini Dia Dua Penyebabnya !

Kenapa Oli Motor Bisa Berkurang Ataupun Habis, Ini Dia Dua Penyebabnya !

Afrika Setya Budi
Saturday, September 15, 2018


Oli sangat berperan penting sebagai kelangsungan motor maupun mobil anda. Oli merupakan pelumas piston dalam mesin, oli yang bagus bisa tetap menjaga mesin tetap setabil (tidak terlalu panas).

Saat ini banyak kita jumpai tanpa sepengetahuan, oli bisa berkurang bahkan ada yang pernah mengalai oli habis. Padahal tidak ada kebocoran oli (oli menetes) maupun kebocoran oli keruang bakar, yaitu keluarnya asap hitam pekat dari knalpot motor.
Bisa jadi ada dua penyebab oli motor berkurang tiba-tiba seperti itu.

1. Kondisi Ring Piston

Kondisi ring piston yang lemah menjadi salah satu penyebab oli cepat susut. Hal ini sering terjadi, bakhan orang yang masih awam menganggap hal ini biasa. Padahal permasalahan seperti ini bisa berakibat fatal pada kelangsungan motor.
Reng Piston (seher)

Ring piston yang lemah menyebabkan oli menyusup ke ruang bakar secara diam-diam. Permasalahan seperti ini memiliki ciri-ciri waktu kita kendarai pas lagi langsam enggak ada asap sama sekali tapi pas lagi RPM tinggi baru kelihatan keluar asap.Hal tersebut memang kita tidak  menyadarinya. Pasalnya asapnya baru keluar ketika kita menggunakan motornya.

Kalau masih ingat, kasus ini pernah menimpa sebagian unit Yamaha New V-ixion Lightning (NVL). Beberapa penunggang NVL mengeluhkan oli susut dan asap putih saat motor digeber RPM tinggi.
Solusinya dengan mengganti ring piston dari V-ixion generasi sebelumnya, atau bisa ganti piston satu set sekalian pakai punya Old V-Ixion (OVI) yang serinya 3C1 yang memungkinkan usia pemakaian bisa bertahan lama cak.

2. Rembes


Siapa sangka rembes oli di daerah mesin juga berpengaruh terhadap volume oli. Hal ini biasanya rembes-rembes di bak kopling atau di blok juga berpengaruh mengurangi volume oli.

Rembesan oli kap kopling pada motor metic

Solusinya dengan mengganti packing daerah yang rembes. Nah, kalau menemukan gejala di atas jangan dibiarkan. Bisa fatal kalau mesin kekurangan oli bahkan tidak ada olinya, bisa jebol tu mesin cak, akibat enggak ada pelumasan.

Sedikit cerita, dulu saya juga pernah mengalami kehabisan oli, itu terjadi ketika dalam perjalanan, hingga akhirnya saat dikendarai motor mati. Pada saat motor mati tersebut yang sangat berbahaya karena motor menjadi lepas kendali (tiba-tiba mati). Jika posisi kita mau mendahului kendaraan lain, bagaimana nasib kita cak.

Mungkin dua penyebab diatas cak oli mesin anda berkurang ataupun habis. Jangan lupa lakukan perawatan pada motor anda. Perawatan paling gampang yaitu dengan kita mencucinya seminggu sekali, dengan demikian waktu mencuci kita bisa melihat dengan teliti keadaan motor. Apakah oli bocor maupun baut kendor kita bisa mengetahuinya. Dan jangan lupa lakukan pengantian oli sesuai panduan bengkel kepercayaan anda.

Ok cak, ngono wae semoga bisa bermanfaat, dan jangan lupa tulis komentar anda dikolom komentar cak. Agar bisa saling tukar informasi. Matur suwun.