BMW S1000RR Siapkan Senjata Baru Yang Lebih Kencang Dari Kompetitornya

BMW S1000RR Siapkan Senjata Baru Yang Lebih Kencang Dari Kompetitornya

Afrika Setya Budi
Thursday, September 13, 2018

BMW Motorrad tengah mempersiapkan S1000RR terbaru,  sepeda motor dikelas 1000 cc yang disegani para kompetitornya, antara lain Yamaha R1, CBR Fireblade, Kawasaki ZX-10, Aprilia RSV dan Suzuki Gixxer akan diberi sentuhan teknologi baru.

Apa saja pembaharuan BMW S1000RR? 

Rancangan baru BMW SS1000RR

Seperti dilansir dari Motoradd, BMW S1000RR ini hadir dengan sejumlah penyempurnaan di bagian ekstrior dan mesin, termasuk knalpot yang lebih besar dari pendahulunya. Penyempurnaan lain dapat dilihat dari desain lampu asimetris yang direposisi dan dibenahi. Sementara ventilasi dan fairing dikerjakan ulang, mengikuti lekuk dibagian buritan.


Mesin masih mengandalkan jantung lama, powerplant 998cc 4-silinder segaris seperti pendahulunya. Perlu dicatat, BMW mengklaim mesin ini telah direkayasa untuk meningkatkan output daya hingga 200dk, atau naik 6dk dari versi sebelumnya. Edian cak jos tenan iki.

Peningkatan tersebut berkat pembaharuan pada kepala silinder dengan saluran geometri baru. Selain itu, asupan camshaft dan katup intake dibuat lebih ringan. Selain tenaga lebih besar, torsi juga turut melejit hingga 113 Nm.

Selain pembaharuan pada body dan mesin, BMW juga telah merekayasa sasis baru yang dilengkapi struktur rangka ringan. Hasilnya bobot kososng BMW S1000RR lebih ringan 4kg dari sebelumnya. BMW juga mengklaim selain lebih ringan, sasis baru juga dapat mengoptimalkan kekakuan dan fleksibilitas.

Terakhir jarak sumbu roda dan geometri sasis ikut dikalibrasi ulang untuk meningkatkan dinamika pengendalian. Pabrikan juga menawarkan optional yang menediakan motor barunya dengan fitur Dynamic Damping Control (DDC) yakni sistem suspensi yang dikontrol secara elektronik. 

Untuk kedatangannya di Indonesia kita tunggu saja cak, dengan adanya pembaharuan yang terdapat pada BMW S1000RR ini pastinya akan memper ketan persaingan antar kompetitornya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa komentarnya di bawah cak.