Harga BBM Naik Akibat Melemahnya Nilai Rupiah Saat Ini

Harga BBM Naik Akibat Melemahnya Nilai Rupiah Saat Ini

Afrika Setya Budi
Friday, September 7, 2018

SPBU


Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dinilai sebagai hal yang wajar. Sebab, harga minyak mentah tengah melonjak, Rupiah terkoreksi dalam dan besarnya tekanan eksternal yang dihadapi Indonesia saat ini.
Memang harga dolar saat ini mengalami kenaikan yang cukup siknifikan. Kurs dolar saat ini menyentuh nilai 14,918.30 Rupiah Indonesia. Lumayan besar bukan, dengan rata-rata kurs dolar sebelum naik kurang lebih 12,000 Rupiah Indonesia.
President ASEAN International Advocacy, Shanti Ramchand Shamdasani, mengatakan selama ini pemerintah telah memotong subsidi BBM dan mengalokasikan anggarannya untuk sektor yang lebih produktif, seperti pembangunan infrastruktur. Pemotongan subsidi ini bisa saja kembali dilakukan oleh pemerintah jika sudah dianggap perlu.

harga bbm naik

Beredar kabar dimedia sosial harga BBM mulai malam nanti tepatnya pukul 24.00 WIB akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan dengan harga;
  • Premium   Rp 9500
  • Pertalite  Rp 11.000
  • Pertamax Rp 14.000
  • Bio Solar   Rp 8250
  • Dexlite      Rp 13.000
Lumayan tinggi kenaikannya jika berita tersebut benar.
Menurut Shanti, langkah untuk menaikkan harga BBM sudah dilakukan oleh negara lain, yaitu China. Hal tersebut sebagai antisipasi Negeri Tirai Bambu dalam
menghadapi ketidakpastian global dan kenaikan hanya minyak mentah.
Selain China, lanjut dia, India juga telah melakukan hal yang sama. Hal ini dilakukan pemerintahnya untuk menekan konsumsi BBM dan membuat masyarakatnya lebih bijak dalam menggunakan bahan bakar fosil ini.
Jika kabar tersebut benar secara otomatis juga akan diikuti naiknya harga-harga kebutuhan pokok yang sangat melambung tentunya. Jangan lupa tinggalkan komentarnya.