9 Sensor Canggih Motor Injeksi Saat ini, Teknologi Kekinian Cak.

9 Sensor Canggih Motor Injeksi Saat ini, Teknologi Kekinian Cak.

Afrika Setya Budi
Friday, September 21, 2018


Motor jaman sekrang semua sudah menggunakan sistem pembakaran injeksi. Sudah sangat jarang motor yang menggunakan karburator, bisa dibilang saat ini sudah mendekati kepunahan sistem pembakaran karburator.

Dalam sistem pembakaran injeksi pada motor saat ini kita sudah mulai menemui teknologi-teknologi canggih. Dimana dengan mesin itu motor sudah dilengkapi dengan sensor canggih yang mengirim data untuk diproses oleh ECU (Electronic Control Unit).

Peran setiap sensor tentu sangat penting dalam menunjang kinerja sistem injeksi secara keseluruhan. Banyak yang belum tahu, di motor produksi massal zaman sekarkang minimal ada 9 sensor yang terpasang.

Coba tebak apa saja? Belum terlalu familiar bukan mengenai sensor pada motor injeksi, ok kita simak di bawah ini.

1. SENSOR MAP (Manifold Air Pressure).

Sensor MAP di motor injeksi merupaka sensor tekanan udara yang masuk. Sensor MAP bertugas untuk mendeteksi tekanan udara yang masuk dan mengirimnya ke ECU untuk dikalkulasikan.

2. SENSOR IAT (Intake Air Temperature).

IAT disebut sensor temperature udara yang masuk. Sensor IAT bertugas untuk mendeteksi suhu udara yang masuk ke dalam throttle body.

3. ENGINE COOLANT SENSOR .

Sensor ini untuk mengetahui suhu air pendingin atau radiator. Sensor ini juga yang akan mengatur nyalanya kipas radiator dan indikator overheat yang ada di spidometer.

4. ENGINE OIL TEMPERATURE

Sensor ini sistem kerjanya sama dengan sensor ECT, hanya saja sensor ini bekerja mengukur suhu oli. Sensor ini hanya terdapat pada motor yang berpendingin udara seperti Honda Supra x 125 PGM-FI dan Honda Beat PGM-FI

5. CRANK ANGLE SENSOR

Sensor ini bertugas untuk mendeteksi posisi crankshaft dan mendeteksi posisi Titik Mati Atas (TMA) saat mesin baru dinyalakan. Sinyal dari sensor ini dikirim ke ECU dan ECU akan mengatur pengapian, waktu penyemprotan bahan bakar, hingga melakukan pengisian ke aki.

6. THROTTLE POSITION SENSOR (TPS)

Sensor ini, bertugas mendeteksi sudut pembukaan katup di throttle body lalu mengirimkan data ke ECU untuk dikalkulasikan berapa bahan bakar yang akan disemprotkan.

7. SENSOR 02 (Oksigen Sensor)

Sensor ini, bertugas menjaga gas buang sisa pembakaran agar selalu optimal dan memberi informasi ke ECU untuk memberikan campuran bahan bakar yang ideal. Sehingga, gas buang yang dihasilkan lebih ramah lingkungan.

8. LEAN ANGLE SENSOR /BANK ANGLE SENSOR 

Sensor tersebut, bertugas mendeteksi kemiringan motor, atau yang lebih tepatnya berfungsi ketika terjadi kecelakaan jika motor anda jatuh. Maka, sensor ini akan mengirimkan sinyal ke ECU untuk menonakifkan semua sistem
mesin kemudian mesin mati secara otomatis.

9. IACV (Intake Air Cut Valve)/ FID (Fast Idle Solenoid)

Sensor ini, bertugas meningkatkan rpm saat mesin dalam keadaan dingin. Fungsi peranti tersebut sama dengan fungsi choke pada mesin karburator. 

Itu tadi sembilan sensor pada motor injeksi saat ini. Semoga bisa manfaat trimakasih sob.