Home News \ Piaggo

Vespa Piaggo Electtrica mulai di produksi September 2018, sudah memakai fitur berbasis AI

Pabrikan skuter legendaris asal Italia, tahun 2016 lalu Piaggio sempat menyingkap konsep skuter elektrik bernama Vespa Elettrica . Ketika itu perusahaan Piaggo menargetkan bisa memproduksinya pada pertengahan tahun 2017, tapi ternyata meleset, dan detail mengenai Elettrica pun juga nyaris tidak ada. Piaggio, baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akanmemulai produksi dari skutik listrik mereka, Vespa Elettrica pada bulan depan, September 2018. Produk baru tersebut nantinya dibuat di pabrik Pontedera, lokasi yang sama dengan skuter pertamanya di tahun 1946.

Dengan masuk ke lini produksi, pihak
pabrikan pun membuka pemesanan Vespa Elettrica mulai Oktober 2018 untuk pasar Amerika dan Eropa, sementara Asia baru pada awal 2019. Sayangnya, sampai saat ini belum ada informasi mengenai waktu pengiriman dan harganya. Namun, Piaggio mengatakan bahwa banderol Vespa Elettrica akan berada pada high-bracket, atau cenderung tinggi. Versi produksi pertama ini nantinya melakoni debut di gelaran EICMA 2018 yang berlangsung di Milan, November mendatang.

Sekarang, kita bisa mengenalnya secara lebih mendalam. Motor elektrik tipe brushless mengandalkan 4,2 kWh Li-ion yang sanggup menyemburkan daya kontinyu sebesar 2 kW (2,7 hp) dan daya puncak sebesar 4 kW (5,4 hp). Kecil memang, tapi torsinya disebut menembus angka 200 Nm, dan Piaggio cukup percaya diri menyebut performa Elettrica setara skuter dengan mesin berkapasitas 50 cc.

Skutik ini dilengkapi dengan dua mode berkendara, yaitu Eco dan Power. Pada mode Eco, kecapatan maksimumnya dibatasi pada 30 km/jam. Ow, tunggu dulu memang cukup lambat, tetapi pertanyaannya siapa sih yang ngebut pakai Vespa? Pengguna skuter ini justru sengaja bergerak pelan-pelan untuk pamer, bukan?

Menariknya, instrumen panel Vespa Elettrica mengandalkan layar TFT 4,3 inci full-color yang dapat dihubungkan dengan smartphone. Komponen ini dapat dioperasikan dengan joystick pada handlebar kanan atau pun melalui voice command pengendara. Dan yang paling istimewa Piaggio juga bakal menyematkan sejumlah fitur berbasis AI, dengan robot Gita sebagai inspirasinya. 

Wah hebat banget cak, baru pertama saya mengetahui motor menggunakan kecerdasan buatan atau AI. Wis, siap-siap nabung yang banyak cak...

Soal efisiensi daya, Elettrica dirancang untuk bisa menempuh jarak 100 kilometer dalam satu kali charge . Proses isi ulang baterainya sendiri memakan waktu sekitar 4 jam, dan charge cycle -nya berada di kisaran 1.000 kali, atau setara jarak tempuh 50.000 – 70.000 km (kurang lebih 10 tahun pemakaian mayoritas konsumen). Lebih dari itu, kapasitas baterainya bakal berkurang cukup signifikan, ya waktu segitu memang sudah seharusnya beli lagi cak hhhhh.

Yang cukup menari, Elettrica diklaim punya ruang penyimpanan di bawah jok yang bisa menampung sebuah helm, suatu hal yang tidak umum mengingat skuter elektrik biasanya memerlukan ruang yang cukup besar untuk baterainya. 

Produksi mulai bulan depan itu baru untuk pasar Eropa, dan jumlahnya masih akan dibatasi. Untuk pasar Amerika Serikat dan Asia, Piaggio menargetkan tahun 2019. Banderol harganya belum diungkap, tapi Piaggio bilang harganya bakal berada di kelas Vespa high-end – di Indonesia, ada GTS 300 ABS yang dijual seharga Rp 109 juta.

Sedangkan untuk pasar Indonesia, menurut saya yang mungkin lebih cocok adalah Vespa Elettrica X, yakni versi hybrid bensin-listrik dari skuter yang sama yang juga akan diproduksi. Versi ini memiliki jarak tempuh cuma 50 km, tapi dengan bantuan mesin bensin kecilnya ia malah bisa menempuh jarak 200 km.

Gimana cak tertarik untuk membelinya? Sabar dulu untuk wilayah Asia karena masih akan diproduksi tahun depan. Bagi.saya yang paling menarik dari Motor ini sudah menggunakan kecerdasan buatan atau AI, jadi bisa seperti di film Iron Man, bisa menjalankan perintah dengan menggunakan suara, hebat cakk... Bagaimana cak tertarik, jawab di kolom komentar ya, 


Baca juga :

4 comments:

  1. Mantap ni.akhir nya vespa di produksi lagi..walaupun kren vespa jadul tapi yg jadul ckup susah di cari

    ReplyDelete

to Top