Home Honda \ Review

Review Honda Super Cup C125

TYO - Entah kenapa ada rasa penasaran yang mendalam dengan motor bebek yang satu ini. Motor bergaya retro tahun 60an,memang soal jadul banget ya, tetapi ..Honda membuat tampang jadul dipadukan dengan sentuhan modern membuat Honda Super Cub C125 semakin sempurna. Motor bergaya retro ini telah resmi dirilis dan dipasarkan untuk mengisi segmen premium dengan harga melebihi 50 Juta Rupiah. Harganya sangat fantastis untuk sebuah motor bebek bermesin 125cc. Hal ini tidak lepas dari beragam teknologi canggih yang dimilikinya. Bahkan teknologinya tak kalah canggih dari Honda Vario 150 dan Honda PCX yang sama-sama dibekali teknologi Smart Key System atau Keyless. Gimana bro, tampang judul tetapi teknologinya, ajib bener.

Walaupun harga Honda Super Cub C125 lumayan mahal, namun saya yakin pecinta roda dua di seluruh dunia akan tertarik membelinya. Terlebih Honda Super Cub C125 merupakan motor special yang dibuat secara khusus untuk memperingati ulang tahun Honda Super Cub C100 yang pertama kali dirilis pada 1 Agustus 1958 atau 60 tahun silam. Alhasil motor ini terasa lebih eksklusif dibandingkan motor bebek Honda lainnya yang rata-rata dibanderol jauh lebih murah dari harga Honda Super Cub C125. Oh iya motor ini baru di perkenalkan dalam ajang pameran GIIAS 2018 pada 2 agustus kemarin bro.
Tetapi menurut saya motor ini dalam pasaran tanah air dilihat dari harganya saya merasa pesimis deh, terlebih harganya 55 juta OTR Jakarta. Mengingat pasaran motor bebek di indonesia reputasinya semakin hari, semakin menurun. Jika saya peribadi lebih memilih motor bebek yang harganya dibawah 20 juta, meskipun dilihat dari segi teknologi lebih baik motor bebek ini. 

Desain Honda Super Cub C125 memang tidak berbeda jauh dengan Honda Super Cub C100. Bedanya motor ini sudah menggunakan lampu Full LED dan dilengkapi beragam fitur modern serta mesin berteknologi Injeksi. Masih banyak teknologi canggih lainnya yang dimiliki motor ini. 
Panjang 1,915 mm
Lebar 720 mm
Tinggi 1,000 mm
Tinggi Tempat Duduk 780 mm
Jarak Sumbu Roda 1,245 mm
Ground Clearance 125 mm
Berat 109 kg
Kapasitas Tangki 3.7 Liter

Mari kita terlebih dahulu membahas soal desain. Honda Super Cub C125 memiliki desain retro dengan panjang 1.915 mm,lebar 720 mm, dan tinggi 1.000 mm. Desainnya terlihat klasik, namun pada bagian depan telah terpasang lampu bulat yang sudah menggunakan LED. Tak hanya itu, motor ini juga memiliki lampu belakang dan sein yang semuanya sudah mengusung teknologi LED, sehingga lebih modern dan bisa memancarkan cahaya lebih terang. Tempat duduknya juga unik dan memiliki tinggi 780 mm serta jarak terendah dari tanah 125 mm.
Dilihat dari sepion sangat klasik banget ya, menjulang keatas yang berbentuk bundar, ditambah warna crome yang pas. Agar tak terkesan terlalu jadul, Honda melengkapinya dengan velg racing atau cast wheel dengan jarak sumbu roda 1.245 mm. Kemudian untuk bobotnya seberat 109 kg, sehingga tetap nyaman dikendarai dengan handling yang ringan dan nyaman. Selain itu, tersedia pula dek depan bersayap lebar dan speedometer bulat yang dilengkapi panel meter digital dan analog.

Tipe ; Air-cooled SOHC 4-stroke 2-valv
Kapasitas ; 125 cc
Tenaga Maksimum ; 35.2 kW/ 8500 rpm
Torsi Maksimum ; 45.8 Nm/ 5500 rpm
Sistem Bahan Bakar ; Fuel Injection (PGM-FI) 
Tipe Starter ; Electric Starter
Tipe Transmsi ; 4 speed
Bore X Stroke ; 52.4 x 57.9mm
Rasio Kompresi ; 9.3:1
Tipe Kopling ; Wet multi plate clutch and automatic centrifugal clutch
Kapasitas Oli ; 1 Liter

Menurut saya yang membuat motor bebek ini mahal karena Honda Super Cub C125 telah dilengkapi teknologi Honda Smart Key System atau sistem penguncian Keyless yang terhubung ke Immobilizer dan Answer Back System untuk mengoptimalkan sistem keamanan motor ini. Teknologi yang dipakainya memang sangat canggih, jadi jangan heran apabila harga Honda Super Cub C125 dibanderol sangat mahal. Terlebih motor ini telah dibekali mesin berteknologi Fuel Injection yang membuat konsumsi bahan bakarnya sangat irit dan tenaganya semakin responsif.

Mesin yang dipakainya adalah mesin SOHC 4 Tak 2 katup dengan sistem pendingun udara yang memiliki kapasitas 125cc. Tenaga yang bisa dikeluarkan mencapai 7.1 kW pada 7.500 rpm dan torsinya menembus 10.4 Nm pada 5.000 rpm. Walaupun tak terlalu besar, namun
tenaga dan torsinya sudah lebih dari cukup untuk berakselerasi secara cepat. Motor ini juga sangat irit dengan konsumsi bahan bakar mencapai 66.7km/liter. Tentunya hal ini tidak lepas dari teknologi PGM-FI yang mengoptimalkan sistem pembakarannya.

Konsifugrasi Bore & stroke yang ditetapkan pada 52,4 x 57,9 mm dan rasio kompresi 9,3:1 membuat Honda Super Cub C125 cukup powerfull pada putaran mesin menengah keatas. Sedangkan untuk transmisinya memakai Gearbox 4 percepatan yang dioperasikan dengan kopling sentrifugal otomatis, tanpa membutuhkan tuas kopling. Sayangnya motor ini tidak memiliki kick starter, dan digantikan oleh electrick starter. Hilanganya Kick Starter cukup disayangkan, karena merupakan salah
satu ciri khas motor bergaya retro. 

Rangka ; Mono-backbone steel frame
Suspensi depan ; Telescopic fork 26mm
Suspensi belakang ; Twin shock
Ukuran Ban Depan ; 70/90-17M/C 48P
Ukuran Ban Belakang ; 80/90-17M/C 50P
Rem Depan ; Single Hydraulic Disc 220 mm
Rem Belakang ; Tromol 130 mm.

Sebanding dengan harga Honda Super Cub C125 yang mahal, motor ini memang dilengkapi banyak sekali sentuhan modern. Bahkan motor ini sudah menggunakan teknologi ABS yang mengoptimalkan sistem pengereman, sehingga terhindar dari roda mengunci saat mengerem mendadak. Teknologi tersebut dipadukan dengan rem cakram yang terpasang pada rodan depan dan rem tromol pada roda belakang. Untuk bannya sendiri memiliki ukuran 70/90-17M/C 48P (depan) dan 80/90-17M/C 50P (belakang) yang dipadukan dengan velg 10- spoke cast aluminium.

Desain velg Honda Super Cub C125 terlihat sangat sporty dengan 10 palang berbalut warna silver. Honda ingin memadukan kesan modern dan klasik, sehingga salah satu jalannya adalah memakai velg racing. Kemudian untuk rangkanya memakai chasis Mono-backbone steel frame yang ringan dan membuat motor lebih stabil. Lalu ada pula suspensi depan teleskopik dengan diameter 26 mm dan suspensi belakang Twin Shock dengan sentuhan klasik.

Honda menyediakan dua pilihan warna yang terdiri dari Pearl Niltava Blue dan Pearl Nebula Red. Keduanya dibanderol dengan harga sama. Gimana brow tertarik atau belum? Saya rasa motor ini sangat luarbiasa karena ditanah air masih pertama kalinya motor bebek yang menggunakan teknologi smart keey atau yang disebut keyless. 

Baca juga :

No comments:

Post a Comment

to Top