Review All New Honda Vario 150 2018

Review All New Honda Vario 150 2018

Afrika Setya Budi
Saturday, August 4, 2018

TYO  -  Kalau lihat gambar di atas secara sepintas sudah tidak asing lagi. Ya, All New Honda Vario 150 versi terbarunya bro. Bulan april kemarin PT Astra Honda Motor merilis motor ini, tau ngk bro motor ini salah satu ujung tombak penjualan motor honda di indonesia lo. Pantesan harga jualnya tetap konsisten ya bro, tidak anjlok banget. 

Mengenai desain Vario 150 terlihat modern dan stylish. Pada bagian depan terpasang headlamp ganda dengan teknologi lampu LED yang memberikan pencahayaan lebih terang saat berkendara di malam hari. Desain lampu utama tersebut sangat terlihat agresif dan di atasnya terpasang lampu sein yang didesain bagaikan sebuah alis. Honda sendiri menyediakan beberapa pilihan warna Vario 150 yang terdiri dari Exclusive White, Exclusive Matte Silver, Exclusive Matte Red, dan Exclusive Matte Black . Semua warnanya terlihat menarik dan menyatu dengan jok serta velg berwarna hitam. Jos tenan bro..
Perubahan paling nampak sudah pasti ada di bagian body Vario 150 generasi terbaru ini. Dengan menyeimbangkan konsep Elegan, Eksklusif dan Sporty pada New Vario 150 membuat layout atau tarikan garis body menjadi menarik banget bro.

Desain headlamp memang tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya, mengandalkan model dual keen eyes dengan teknologi LED lalu di New Vario baru ini AHM menempatkan lampunsein depan yang terpisah dengan headlamp cukup jauh. Kini shape Vario 150 lebih halus dengan sedikitnya sudut-sudut tajam di sektor body, bagian spakbor depan yang lebih senada dengan bagian tebeng lalu garis garis lekukan yang lebih harmonis ketimbang versi sebelumnya.

Yang paling saya seneng penambahan Daytime running light atau DRL yang menyerupai alis dan sepintas mirip dengan PCX150, menambah kesan eksklusif pada Vario terbaru ini. Jika sobat perhatikan detilnya, ada kemiripan dengan lampu mobil Honda NSX Hybrid.


Gimana bro, bikin ngiler kan...

Untuk menyimpan mantel dan barang bawaan lainnya, Honda Vario 150 menyediakan bagasi berkapasitas 18 liter. Dengan ruang bagasi sangat luas, kita bisa menyimpan satu helm full face maupun barang lainnya. Selain itu, Vario 150 memiliki knalpot dengan desain modern serta sporty. Lalu ada pula fitur Side Switch Stand yang akan mematikan mesin otomatis, saat kita menurunkan standar samping.

Secara keseluruhan All New Honda Vario 150 memiliki ukuran dimensi panjang 1.919 mm, lebar 679 mm, dan ketinggian 1.062 mm. Sedangkan sumbu rodanya berukuran 1.280 mm dan jarak terendah ke tanahnya mencapai 132 mm. Walaupun ukurannya cukup besar, namun Vario 150 tetap nyaman dikendarai oleh pria ataupun wanita. Terlebih berat Vario 150 tergolong ringan, yaitu berbobot 112 kg. Sebenarnya bobot All New Vario 150 lebih berat dibandingkan Vario 150 generasi sebelumnya yang memiliki bobot 109 kg.

Salah satu faktor yang menyebabkan harga Vario 150 dibanderol melebihi 20 Juta Rupiah adalah mesinnya. Pasalnya motor matic terbaik ini memiliki mesin SOHC berkapasitas150cc yang dilengkapi sistem pendingin cairan. Selain itu, Vario 150 mengadopsi teknologi ESP (Enhanced Smart Power) yang berpadu dengan sistem pembakaran Injeksi (PGM-FI) untuk meningkatkan kinerja mesin menjadi lebih responsif dan lebih hemat bahan bakar.

Mesin Vario 150 tersebut bisa mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 9.7 kw pada 8.500 rpm. Sedangkan torsinya menembus 13.4 Nm pada 5.000 rpm.Tenaga dan torsinya lebih bsar dibandingkan Vario 150 generasi sebelumnya. Alhasil kemampuan akselerasi All New Vario 150 menjadi lebih cepat dan bisa menghasilkan Top Speed lebih tinggi.

Menariknya lagi, All New Honda Vario 150 telah dilengkapi teknologi Smart Key System yang membuatnya tidak lagi memerlukan kunci mekanis untuk mengoperasikan kunci stang atau menghidupkan mesin. Fitur Smart Key System juga ada Answer Back System. Dan kini ada ketambahan fitur Anti Theft Alarm supaya lebih memberikan rasa aman bagi pemilik Vario. Menurut saya ini yang paling bagus brow, jadi ngak usah bawa kunci tinggal bawa remot aja.

Selain bertenaga, Honda Vario 150 juga memiliki konsumsi bahan bakar sangat irit. Hal ini tak lepas dari fitur Idling Stop System yang nantinya akan mematikan mesin secara otomatis ketika berhenti lebih dari 3 detik. Kita cukup menarik tuas gas, dan mesin akan menyala seketika. Berkat teknologi ini, konsumsi bahan bakar Vario 150 mencapai 46.9 km/liter dalam pengujian Euro 3. Konsumsi bahan bakarnya sedikit lebih boros dibandingkan Vario 150 generasi sebelumnya yang bisa mencapai 48 km/liter. Mungkin hal ini terjadi karena All New Vario 150 memiliki tenaga dan torsi lebih besar. Kalau menurut saya akselerasi njambak banget bro..

Rangka bertipe tulang punggung atau Underbone akan menahan beban pengendara motor ini. Sebanding dengan harga Vario 150, kita juga mendapatkan rem depan cakram hidrolik yang dilengkapi piston tunggal. Sedangkan untuk rem belakangnya masih tromol dan belum mengadopsi teknologi ABS.Untungnya Honda membekalinya dengan teknlogi Combi Brake System yang memaksimalkan sistem pengereman dengan cara menggabungkan rem depan dan rem belakang agar berfungsi secara bersamaan.

Untuk Versi terbaru sudah menggunakan sepeedometer yang full digital dengan tampilan negatif display yang mana memiliki backlight gelap namun informasi tetap jelas. Sepeedometer ini memuat beragam informasi seputar berkendara, seperti konsumsi bahan bakar, tripmeter, penggantian olih, jam digital, dan beragam informasi lainnya yang ditampilan secara lengkap dan mudah di baca. 


Nah, salah satu panel indikator yang paling baru di speedometer Vario ini adalah Voltmeter yang merupakan indikator tegangan baterai atau aki, serta ada satu lagi indikator pelemahanya yang akan berkedip - kedip jika baterai dalam keadaan perlu diganti.

Indikator Voltmeter ini mempermudah pengendara supaya tahu kapan harus mengisi daya atau mengganti aki , karena Vario 125 atau Vario 150 terbaru ini sudah tidak menggunakan kick starter lagi. Bisa bahaya kalau sewaktu-waktu mogok dijalan, apa lagi kalau jalan sama pasangan bisa ngambek tuh doi..

Honda meningkatkan kestabilan All New Vario 150 dengan ban berukuran lebih besar dan di lengkapi model peleg yang terbaru. Namun dibandingkan Yamaha NMAX dan Yamaha Aerox 155, ukuran ban Vario 150 masih jauh lebih kecil.Untungnya motor ini sudah menggunakan ban tubeless dengan ukuran 90/80-14M/C 43P (depan) dan 100/80-14M/C 48P (belakang). Lalu ada pula suspensi depan bertipe telescopic dan suspensi belakang lengan ayun yang dimaksimalkan shockbreaker tunggal. Suspensi Vario 150 terkenal sangat empuk, sehingga medan berat bisa dilalui secara nyaman.

Body Vario 150 ini sudah menggunakan emblem 3D yang membuat kesan mewah dan dibagian belakang Spakbor/fender kental aura sporty. Mengadopsi model menggantung seperti yang sering kita lihat di varian motor sport. Sein juga dibuat terpisah dengan lampu rem. Kini semua unit penerangan Vario sudah dibekali LED.
Lalu dek yang rata masih menjadi bagian dari generasi terbaru Honda Vario. Konsol untuk . letakkan barang-barang kecil dibagian depan juga masih ada. Dan juga dilengkapi cantholan barang.

Footpeg boncenger hadir lebih baik dengan terbuat dari bahan aluminium cast dan desain yang modern pada Vario 150 baru. Satu hal yang membuat sedikit kecewa adalah pada sektor pengereman. Masih mengandalkan single disc brake, yakni di depan saja. Pun demikian bagian rem depan hanya mengubah model piringan cakram menjadi model wave atau bergelombang. Secara teori cepat melepas panas ya.

Yang baru lagi di bagian kenalpot. Tak hanya dari segi desain yang mirip dengan milik Honda CB150 dan CBR150, bagian chamber atau ruang di dalamnya juga baru. Hal ini bertujuan untuk membuat dimensi knalpot supaya lebih kompak dengan ikut membantu peningkatan tenaga mesin serta tidak mengorbankan kadar emisi gas buang.

Untuk varian warnan All New Honda Vario 150 ada di bawah ini. Yo wis ngono wae bro, tangane mulai kriting nulis. Mongo dipilih warna kesukaannya apa?  Monggo ditinggalne komentarnya.