Keunggulan Honda Forza dibanding Yamaha Xmax

Keunggulan Honda Forza dibanding Yamaha Xmax

Afrika Setya Budi
Monday, August 13, 2018

TYO - Ngomong sekutik Honda, yang satu ini memang tak ada habisnya. Honda Forza akhirnya menyapa konsumen di Indonesia melalui pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Pesaing terdekatnya adalah Yamaha Xmax yang dijual Rp57,8 juta. Dilihat dari sisi harga, Forza dijual relatif lebih mahal dari Xmax, yaitu di kisaran Rp70 juta. Harga yang terpaut sekitar Rp12 jutaan sepertinya sudah menjadi perhitungan bagi manufaktur dengan logo sayap mengepak. 

Ngomongin soal harga yang terpaut 12 jutaan, memang lumayan tinggi sih. Tapi kalau kita simak keunggulannya bro, di jamin bakal tetep milih yang satu ini. Ok, tak usah bicara panjang X lebar X tinggi, ladalah jebule ngomongne rumus volume iki brow, yo wis mari kita simak keunggulan Honda Forza di bawah ini.

Alaram 
Keduanya dilengkapi teknologi keyless dan remote pintar. Di remote itu juga terintegrasi fitur answer back system, berguna memudahkan pencarian kendaraan di lokasi parkir. Menariknya, Forza 250 punya fitur tambahan, anti theft alarm . Alarm ini sangat penting dalam mencegah maling. XMax belum dilengkapi fitur ini. Kayak mobil aja ya bro...

Windshield Elektrik
Forza 250 lebih istimewa lantaran punya windshield elektrik yang bisa diatur ketinggiannya hanya dengan menekan tombol. Posisi tinggi dipakai bila Anda menginginkan terpaan angin yang minimal ke tubuh, saat berkendara santai. Sementara posisi windshield rendah cocok untuk meningkatkan aerodinamika ketika ingin berakselerasi maksimal. Windshield Xmax juga bisa diatur ketinggiannya, namun harus manual karena belum elektrik. Memang motor premium bro, teknologinya,, ajib..

Tampak Mewah
Gaya memang soal selera, namun saya punya keyakinan Honda Forza 250 punya tampang lebih mewah dibanding XMax. Salah satu yang membuatnya begitu karena desain jok yang menggunakan warna two tone. Kemudian, knalpot ditambahkan kombinasi elemen krom. Tidak ketinggalan lampu sein LED terintegrasi di spion, juga menjadikannya semakin mentereng. Berbeda dengan XMax yang lebih banyak dicat hitam, sehingga aura sportif sangat kental dibanding mewah.

Dimensi Kompak
Walau Forza masuk kelas skutik bongsor, namun dimensinya lebih kompak dari Xmax. Setidaknya itu yang tampak dari spesifikasi di atas kertas. Forza memiliki panjang 2.142 mm, lebar 754 mm dan tinggi 1.472 mm. Bandingkan XMax yang memiliki panjang 2.185 mm, lebar 775 mm dan tinggi 1.465 mm. Dengan dimensi tersebut, harusnya skutik Honda lebih asyik dipakai selap-selip di kemacetan jalan.

Jok Rendah
Kelebihan lain, Forza 250 punya jok yang lebih rendah sekitar 15 mm. Ini membuat pengendara semakin percaya diri ketika menunggang motor di kemacetan. Setidaknya, bagi pemilik tinggi 168 cm seperti saya, kaki tidak jinjit berlebihan saat harus menjejak aspal.

Itu tadi keunggulan Honda Forza, gimana bro, masih pikir-pikir mau beli yang mana? Saya tambahin lagi perbandingkan Forza dan Xmax. Berikut data di atas kertas.

Spesifikasi Forza:
Mesin: Pendinginan Cairan, 4 Langkah, satu silinder
Kubikasi: 249,01 cc
Sistem Bahan Bakar: Fuel Injection (PGM-FI)
Bore X Stroke: 68 x 68,567 mm
Transmisi: Otomatis
Rasio Kompresi: 10,2 : 1
Power: 23,1 Hp pada 7.500 rpm
Torsi: 24 Nm pada 6.250 rpm
Tipe Starter: Elektrik
Tipe Kopling: otomatis
Ban: Tubeless 120/70 ring 15 (depan) dan 140/70 ring 14 M/C (belakang).
Rem: Cakram depan dan belakang ABS
Fitur standar: Honda Selectable Torque Control (HSTC)

Spesifikasi Xmax:
Mesin: Pendinginan Cairan, 4 Langkah, satu silinder
Kubikasi: 250 cc
Sistem Bahan Bakar: Fuel Injection
Bore X Stroke: 70,0 x 64,9 mm
Transmisi: Otomatis
Rasio Kompresi: 10,5 : 1
Power: 22,5 Hp pada 7.000 rpm
Torsi: 24,3 Nm pada 5.500 rpm
Tipe Starter: Elektrik
Tipe Kopling: Otomatis
Ban: Tubeless 120/70 ring 15 (depan) dan 140/70 ring 14 M/C (belakang).
Rem: Cakram depan dan belakang ABS
Fitur standar: Traction Control System (TCS)

Oh iya bro, untuk Forza masih di produksi secara CBU ya, jadi untuk kualitas body, ngak usah tanya lagi. Yo wis ngono wae bro, sekian dan terima kasih.