Intip Perbedaan All New Vixion dan All New Vixion R terbaru 2018

Intip Perbedaan All New Vixion dan All New Vixion R terbaru 2018

Afrika Setya Budi
Thursday, August 30, 2018

Pertengahan agustus lalu saya sudah pernah menulis artikel tentang update warna baru All New Vixion Series. Ya, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memberikan penyegaran pada dua motor naked-sport, yaitu All New Yamaha Vixion dan All New Yamaha Vixion R. Keduanya kini hadir dengan pilihan warna baru. 

All New Vixion R lahir sepenuhnya dari ketangguhan All New R15 yang kental dengan nilai sporty. Terdiri dari tiga konsep utama meliputi R Power, R Handling dan R Design, All New Vixion R siap menjawab keinginan mereka para pecinta tantangan yang senang memacu adrenalin.

Lantas apa saja perbedaannya? 

Ya memang secara signifikan yang paling nampak beda adalah warna, warna baru itu meliputi Matte Red, Matte Blue dan Matte Grey untuk All New Vixion R, motor yang sepenuhnya terlahir dari konsep R-series. Sedangkan untuk sang legenda All New Vixion hadir dengan warna Metallic Black, Metallic Yellow, serta Red Black. Tidak hanya varian warna, desain stripping pada motor jenis naked bike ini pun turut mendapat sentuhan perubahan. Ini penampakanya cak.

All New Vixion

All New Vixion R

Secara fisik, perbedaan lainnya terletak pada kaki-kaki. Ukuran ban belakang All New Yamaha Vixion R mencapai 130/70-17 dan sudah tubeless atau tidak memakai ban dalam. Sedangkan ban belakang All New Yamaha Vixion berukuran 120/70-17 dan masih menggunakan ban dalam.

Masih di bagian belakang, All New Yamaha Vixion R sudah menggunakan swing-arm berbahan aluminium. Dengan demikian, bobot motor ini sedikit berkurang sehingga pengendaliannya menjadi lebih mudah dan stabil. Jadi ngak usah ragu lagi ya kalau untuk perjalanan jauh dan tentunya manuvernya enteng cak.

Untuk bagian depan, meski sama-sama dibekali speedometer digital, pada All New Yamaha Vixion R, komponen tersebut dilengkapi dengan shift timing light. Lampu ini berfungsi untuk memudahkan pengendara mengganti gear di waktu yang tepat guna memperoleh performa optimal. Jika bikers lagi di medan tanjakan sangat terasa berguna dengan adanya shift timing light ini.

Perbedaan yang cukup signifikan justru terletak pada sektor dapur pacu. All New Yamaha Vixion R mengusung mesin 1-silinder 155,1cc dan dilengkapi dengan teknologi VVA (Variable Valve Actuation). Konfigurasi tersebut menghasilkan tenaga sebesar 19 hp dengan torsi maksimum mencapai 14,7 Nm.

Kiri All New Vixion, kanan All New Vixion R

Sementara itu, mesin 1-silinder All New Yamaha Vixion hanya berkapasitas 150cc dan belum mengadopsi teknologi VVA. Meski demikian, dapur pacu bertenaga 16,3 hp dan torsi 14,2 ini sudah dilengkapi dengan ASC (Assist & Slipper Cltuch) layaknya All New Yamaha Vixion R.

Mengenai harga, berdasarkan situs resmi YIMM, All New Yamaha Vixion dijual lebih murah, Rp26,5 juta (OTR Jakarta). Sedangkan banderol All New Yamaha Vixion R Rp3 juta lebih mahal, tepatnya Rp29,5 juta (OTR Jakarta). Sahabat semau pilih yang mana? Sertakan jawaban di kolom komentar ya.