Gila, perombakan Kawasaki Ninja H2 2019 semakin kencang

Gila, perombakan Kawasaki Ninja H2 2019 semakin kencang

Afrika Setya Budi
Monday, August 20, 2018


Kawasaki Ninja H2 pertama kali diluncurkan pada tahun 2015. Motor keluaran dari Paman Sam ini merupakan satu-satunya sepeda motor yang memiliki kekuatan induksi atau mesin yang bermuatan super. Untuk waktu yang lama, motor ini memegang gelar sebagai motor terbaik paling kuat di dunia, sebelum rivalnya Ducati Panigale V4 datang. Saat ini Ducati Panigale V4 dinobatkan sebagai sepeda motor produksi paling kuat di dunia menggantikan Kawasaki Ninja H2.

Maka dari itu, Kawasaki Ninja H2 mengalami ombakan yang signifikan. Diyakini evolusi terbesar pertama yang dilakukan pada model 2019 membuat Superbike ini siap menjadi motor terkuat di dunia. Apa saja perubahannya? Mari kita simak  Perombakan Kawasaki Ninja H2 2019

Dari sektor mesin, Kawasaki melakukan mapping ulang ECU berbasiskan H2 SX, filter udara yang didesain ulang, ruang pasokan awal udara untuk pembakaran (intake chamber), serta busi. Akhirnya Kawasaki H2 memiliki tenaga terdongkrak hingga 15%, dari yang semula 197 hp kini menjadi 228 hp. Peningkatan tenaga cukup signifikan, tenaga bertambah 31 hp tetapi bahan bakar tidak terlalu berdampak. Kawasaki mengatakan bahwa motor tetap Euro IV compliant. 

Torsi Kawasaki H2 2019 ini naik sebesar 8,2 Nm untuk total 141,7 Nm torsi puncak.  Peningkatan performa tersebut tidak terlepas dari ubahan di sektor supercharger.
Untuk bagian sasis tidak banyak berubah, hanya dipasangkan sistem pengereman dari Bremo Stylema, yang juga digunakan pada Ducati Panigale V4. Penggantian pengreman ini diklaim lebih baik untuk sistem pendinginannya, ditambah dengan ban baru merk Bridgestone tipe RS11.

Menariknya, Kawasaki Ninja H2 2019
memiliki fitur "self-healing paint". Teknologi cat ini memungkinkan body menjadi kembali mulus setelah mengalami lecet atau goresan kecil. Sungguh luar biasa bukan, jadi agan-agan semua kalau motor ini lecet ngak usah repot-repot pergi ke bengkel cat, tinggal kita paparkan motor ini di suhu yang sedikit panas dan secara otomatis cat motor agan akan kembali seperti baru. 

Speedometer ini Full Colour TFT positive display, tapi tachometer masih mengusung model ‘jarum’. Fitur tersebut kini menggunakan teknologi TFT yang dapat dihubungkan ke smartphone melalui Bluetooth dapat terhubung dengan aplikasi "Rideology".  menunjukkan informasi seperti log kecepatan, interval servis, tingkat bahan bakar, dan informasi lainnya.

Last...
Nampaknya dari pihak Kawasaki tidak ingin memaparkan lebih lanjut mengenai perombakan pada Kawasaki Ninja H2 2019. Motor ini diharapkan untuk tampil di ajang Intermot EICMA Show 2018 Jerman pada Oktober nanti dan bisa sampai ke India pada paruh pertama tahun 2019. Sekian sahabat bikers, simak terus berita otomotif terkini di otoindonesia.id akan saya share berita-berita otimotif ter-update setiap hari.