Harley-Davidson FXDR 114 versi 2019, Bobot lebih ringan

Harley-Davidson FXDR 114 versi 2019, Bobot lebih ringan

Afrika Setya Budi
Wednesday, August 22, 2018




Awal bulan Agustus, Harley-Davidson mengumumkan rencana yang mengejutkan segmen pasar Moge Adventure. Perusahaan Harley lebih memilih moge adventure tradisional, yaitu Harley-Davidson FXDR 114 2019 daya cruiser.

Ditagih sebagai pembalap drag yang melaju dengan kecepatan jet tempur, FXDR 114 menawarkan mesin paling kuat di garis Softail. Tetapi FXDR tidak hanya dirancang untuk kinerja garis lurus, melainkan lebih fokus pada pengurangan berat badan dan sudut ramping yang lebih besar akan membantu membuatnya lebih lincah dari pada Softail lainnya.

Harley menurunkan berat badan sebagai prioritas untuk FXDR, memanfaatkan sejumlah komponen aluminium dan komposit. The swingarm aluminium beratnya hanya 13,8 pound, dibandingkan dengan swingarm Softail baja khas yang beratnya 24 kilogram. Subframe belakang juga terbuat dari aluminium, sedangkan ekor adalah material komposit, yang selanjutnya mengurangi berat badan hingga tujuh pon dibandingkan dengan subframe baja dan fender yang digunakan pada Softails lainnya. Roda belakang disc Aluminium Cor Enforcer 18 inci dan roda depan Aluminium Cor.Enforcer 19-inci yang ditempa dengan jari-jari tipis juga membantu mengurangi berat unsprung. Secara keseluruhan, FXDR 114 mengklaim berat kering 376 kg.

Swingarm ini digantung oleh monoshock coil-over yang sudah disesuaikan, menawarkan 3,4 inci perjalanan untuk roda belakang. Garpu satu kartrid 43mm terbalik. Dengan mata air triple-rate menawarkan 5,1 inci dari perjalanan front-end. Rotor depan ganda 300 mm dipasangkan dengan kaliper empat piston sementara kaliper dua piston dipasang ke disk belakang 292 mm. ABS adalah standar.

Seperti namanya, FXDR didukung oleh mesin Milwaukee-Eight 114, yang disetel untuk menghasilkan 119 lb-ft. torsi pada 3500rpm. Mengambil inspirasi dari sepeda drag Screamin 'Eagle / Vance & Hines, FXDR 114 dilengkapi dengan asupan udara yang menghadap ke depan. Filter udara yang terbuka terbuat dari media sintetis baru yang tidak memerlukan pemijatan. Luar biasa tenan cak. Istimewa pokoknya.

Knalpot dua yang dijadikan satu pada hasil akhir disetel untuk menghasilkan suara gemuruh serak. Un-Harley-shaped dibentuk untuk memaksimalkan sudut miring ke 32,8 derajat di sisi kanan. Bersama dengan sudut 32.6 derajat ke kiri, FXDR 114 dengan keringanan lebih dari Softail lainnya. Harley-Davidson juga menawarkan Screamin 'Eagle Titanium Performance slip-on mengatakan untuk menghasilkan catatan yang lebih agresif sambil menimbang 50% lebih sedikit daripada knalpot. Slip-on ini juga dapat dikombinasikan dengan kit pembersih udara dan tuner jalan dalam peningkatan kinerja Eagle Stage I dari Screamin, yang menetapkan basis untuk peningkatan Tahap II, III, dan IV selanjutnya.




Lampu depan LED dibingkai oleh layar kecil sementara dagu-fairing yang terinspirasi balapan mencakup bagian depan rangka dan pendingin oli. Tangki bahan bakar 4,4 galon adalah unik untuk FXDR, dengan profil yang lebih panjang yang mengalir ke arah kursi tunggal dengan ekor gemuk yang menyembunyikan kompartemen penyimpanan kecil.

Menurut Brad Richards, Wakil Presiden Styling dan Desain,tampilan FXDR 114 mengungkapkan potensi kinerjanya dan menyoroti fitur teknis yang membedakannya dari sisa line-up Softail,pengaruh drag-bike kuat dengan ujung depan yang tergores dan terbalik, intake dan knalpot besar-besaran, kontras proporsional antara roda, dan bagian ekor yang terpotong. Namun mereka memastikan bahwa elemen teknis murni seperti swingarm aluminium, instrumentasi digital terintegrasi sepenuhnya dalam kontrol pengendara, dan pengekspos suspensi eksternal yang disorot dan membantu menentukan misi motor ini, yang merupakan kinerja murni, bukan hanya kinerja garis lurus. 

Last...
Harley-Davidson FXDR 1149 akan ditawarkan dalam enam pilihan warna antara lain Vivid Black, Black Denim, Industrial Gray Denim, Wicked Red Denim, Bonneville Salt Denim and Rawhide Denim. Harga mulai dari $ 21,349 atau setara dengan Rp. 298.886.000, untuk Vivid Black dan $ 21,749 atau setara denfan Rp. 304.486.000 untuk warna lainnya. Harga di atas adalah pada pasaran Amerika, untuk saat ini di Indonesia belum ada kabar lebih lanjut mengenai kapan rilisnya di tanah air.

Masih penasaran dengan motornya? nih galeriya
...